Contoh Proposal Rencana Usaha
BUM DESA “TUMBRAS”
|
BIDANG USAHA
PEMANCINGAN
Desa Lebeng
Kecamatan Sumpiuh
Kabupaten Banyumas
disusun oleh:
PENGURUS BUMDES
Nomor : 01/BUMDES-TUMBRAS/II/2020
Lamp : -
Perihal : Permohonan Pendanaan Usaha Kepada Yth.
Kepala Desa Lebeng
Di – Tempat
Asslamu’alaikum Wr.Wb
Dengan Hormat,
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat limpahan rahmat serta karunia-Nya sehingga proposal ini bisa terselesaikan dengan baik, proposal yang kami susun ini merupakan program pengembangan usaha BUMDES sebagai salah satu sarana dan upaya dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan usaha serta pendapatan BUMDes.
Dengan telah tersusunnya proposal Unit Usaha Pemancingan ini yang merupakan salah satu Unit Usaha BUM Desa, besar harapan kami kiranya Bapak dapat membantu dan memberikan kepercayaan kepada kami berupa bantuan dana / penyertaan modal yang kami perlukan sebesar Rp. 100.000.000 ( Seratus Juta Rupiah ), proposal dan RAB terlampir.
Demikian proposal ini kami susun dan ajukan untuk dapat diperhatikan, atas bantuan dan kerjasama kami sampaikan banyak terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Lebeng, 16 Februari 2020
Direktur BUMDes “Tumbras”
( MUJIMAN )
DAFTAR ISI
LAMPIRAN
1. RINGKASAN EKSEKUTIF
- BUM DESA “TUMBRAS” DESA LEBENG
- PEMANCINGAN
|
2. LATAR BELAKANG BUM DESA TUMBRAS
2.1 DATA BUM DESA LEBENG
1. Nama BUM DESA
|
TUMBRAS
|
2. Bidang Usaha
|
Pemancingan
|
3. Jenis Produk / Jasa
|
Ikan Bawal
|
4. Alamat BUM DESA
|
Desa Lebeng RT 02 RW 01, Kec. Sumpiuh, Kab. Banyumas
|
5. Nomor Telepon/Fax
|
081542835319
|
6. Alamat E-mail
|
Bumdestumbras20@gmail.com
|
7. Bentuk Badan Hukum
|
-
|
8. Nomor Akte Pendirian
|
-
|
9. N P W P
|
-
|
10. Mulai Berdiri
|
2019
|
2.2 BIODATA PIMPINAN
1. Nama
|
Mujiman
|
2. Jabatan
|
Direktur
|
3. Tempat dan Tanggal Lahir
|
Banyumas, 27 Juli 1986
|
4. Alamat Rumah
|
Lebeng RT 04 RW 02, Sumpiuh, Banyumas
|
5. Nomor Telepon
|
081542835319
|
6. Nomor Fax
|
-
|
7. Alamat E-mail
|
Oyoisuroyoi87@gmail.com
|
8. Pendidikan Terakhir
|
SLTP
|
9. Pengalaman Kerja
|
-
|
2.3 STRUKTUR ORGANISASI
2.4 SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM
3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN
Produk Berupa Ikan Bawal serta Rekreasi Keluarga
Jadi masyarakat tidak perlu jauh jauh untuk bersantai dengan keluarga
Dan masyarakat bisa membeli ikan bawal segar dengan harga dibawah pasar
Dan juga bisa langsung menikmati hidangan ikan segar yang langsung bisa disiapsajikan dikolam pemancingan
|
KEUNGGULAN YANG DIMILIKI
1. Fasilitas tempat yang nyaman
2. Pelayanan yang ramah
3. Tempat luas
4. Ada kantin
5. Tempat yang paling pas buat mancing dengan rekan,sahabat, dan keluarga
6. Tempat beribadah
|
3.2 GAMBARAN PASAR
Kami menyediakan pelayanan dengan konsep wisata keluarga
Inilah yang akan menjadi daya tarik konsumen dalam waktu sekarang ini
Karna lokasi sangat strategis dan jarak antara lokasi pemancingan yang ada sangat jauh,maka dapat menyerap para pemancing bawal diwilayah sumpiuh dan sekitarnya
|
KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN :
PERSONAL SELLING
Sosialisasi Ke Warga dan Komunitas mancing
|
3.3 TARGET PENJUALAN
ESTIMASI PENCAPAIAN :
Terlampir
|
3.4 STRATEGI PEMASARAN
Sewa kolam
Program Jakpot
Program Galatama
Pemancing harian
|
PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Kegiatan 5tahun kedepan bisa menarik event besar dari luar daerah dan kominitas mancing nasional
|
KEGIATAN PROMOSI
Sosialisasi kepada masyarakat sekitar sumpiuh dan ke para komunitas pecinta olahraga mancing dan juga personal local yang hobi n punya bakat pemancing handal
|
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Dengan adanya usaha kolam pemancingan ini
Masyarakat akan banyak merasakan pelayanan dan kenyamanan
Dari mulai harga tiket mancing sangat terjangkau , bumdesa tumbras melalui usaha ini juga dapat dirasakan oleh masyarakat salah satunya bisa memberikan peluang lapangan kerja bagi masyarakat dan usaha ini juga dapat bermitra dengan masyarakat salah satunya petani ikan yang ada
|
3.5 ANALISIS PESAING
PESAING
|
KEUNGGULAN
|
KELEMAHAN
|
Tempat pemancingan yang sudah terlalu banyak untuk lokal
|
Bisa menyerap dan mendatangkan para pemancing mania
|
Tempat dan pelayanan yang kurang nyaman
|
3.6 SALURAN DISTRIBUSI
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
1. Wilayah Pemasaran
|
Lokal...................... 100. %
|
2. Jalur Distribusi
|
Individu
Pemerintah
Lain – Lain
|
3. Alamat Kantor / Counter Penampungan (Milik BUM DESA “TUMBRAS”)
|
Desa Lebeng RT 2 RW 1 Sumpiuh Banyumas
|
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN
1. Wilayah Pemasaran
|
Lokal...................... 100. %
|
2. Jalur Distribusi
|
Individu
Pemerintah
Lain – Lain
|
3. Rencana Lokasi Showroom / Counter Penjualan
|
LAPANGAN DESA LEBENG
|
4. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
Rencana Strategi Pengembangan Usaha yang akan dilakukan, yaitu :
STRATEGI PEMASARAN
– menghidupkan kolam yang sudah ada
_ mengadakan event local
_ bermitra
|
STRATEGI PRODUKSI
Jangka pendek ikan bawal karna tempat baru satu kolam
Jangka panjang ikan mas ,ikan patin, ikan gurameh dan penambahan area kolam pemancingan
|
STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
Pelatihan manajemen unit usaha
|
STRATEGI KEUANGAN
Terlampir
|
5. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
5.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
Dampak positif
Mengurangi angka pengangguran,meningkatkan daya ekonomi,peluang untuk bermitra,tempat rekreasi yang dekat
Dampak negatif
Karna lokasi tidak ditengah pemukiman warga dampak negatif 0%
|
5.2 DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN
Dampak positif
Lingkungan akan lebih terawatt dan lebih indah
Dampak negatif
Jika kebersihan tidak terjaga maka lingkungan akan kumuh dan kotor
|
5.3 ANALISIS RESIKO USAHA
Keamanan lingkungan dan kurang support dari masyarakat
|
5.4 ANTISIPASI RESIKO USAHA
Memberi pelayanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan (adem , ayem lan tentrem )
|
6. PENUTUP
Demikian proposal ini dibuat sebagai bahan analisa usaha BUM Desa Tumbras melalui unit usaha Pemancingan Semoga proposal ini menjadi bahan pertimbangan sehingga dapat disetujui dan dapat terealisasi.
Pengurus BUM DESA “TUMBRAS”
Desa Lebeng
(MUJIMAN)
Direktur
Post a Comment